Menu

Mode Gelap
Kakorlantas Soal Imbauan Berkendara Tak Pakai Sandal Jepit : Proteksi Diri Cegah Fatalitas Kecelakaan Polsek Ulaweng Pasang Baliho Sambut MTQ XXXII Provinsi Sulsel Antisipasi Musim Penghujan, Bhabinkamtibmas Polsek Dua Boccoe Kunjungi Warga Binaan Sampaikan Ini Selain Jaga Mako, Regu Penjagaan Polsek Kajuara Lakukan Ini Bhabinkamtibmas Polsek Kajuara Kawal Penyaluran BLT-DD Di Desa Mallahae

Headline · 18 Jan 2023 12:54 WITA ·

Begini Tanggapan Polres Bone terhadap Isu Penculikan Anak santer di media sosial


 Begini Tanggapan Polres Bone terhadap Isu Penculikan Anak santer di media sosial Perbesar

Belakangan ini masyarakat Bone di resahkan Terkait isu penculikan terhadap anak di Bone yang santer beredar di media sosial, Kasubsi PIDM Sihumas Polres Bone Iptu Rayendra menegaskan, masyarakat jangan mudah percaya sebelum memastikan kebenaran informasi yang diterima.

Dia Juga mengatakan, lajunya penyebaran informasi rupanya tak selalu benar adanya, bahkan tak sedikit justru menjurus ke berita hoax,

“Jangan dengan mudah percaya dengan isu yang berkembang sebelum temukan fakta, seperti isu penculikan,” ujarnya Rabu (18/1/2023).

Untuk itu, masyarakat terutama para pengguna media sosial tidak menelan langsung informasi yang didapat, terlebih bila belum jelas kebenarannya.

Beberapa hari ini, masyarakat diresahkan dengan adanya beberapa isu adanya kasus penculikan terhadap anak. Padahal, informasi tersebut belum jelas kebenarannya hingga menyebar luas di masyarakat.

Apalagi, sebelumnya masyarakat Bone juga sempat dihebohkan dengan adanya isu anak yang hendak di gendong dan ingin dimasukkan ke dalam mobil yang sementara ini kami masih mendalaminya .

Kendati begitu, kata Rayendra, langkah antisipasi oleh semua pihak sangat diperlukan terutama dalam menjaga anak-anaknya. Dengan membekali anak

Mengajarkan dan mengingatkan anak untuk tidak mudah terpengaruh dengan orang yang tidak dikenal, Mengajarkan anak menolak ajakan orang tak dikenal, Melindungi dan mengawasi anak ketika bermain di luar rumah, Jauhkan anak dari penggunaan barang-barang mewah yang mencolok,

Jika berada di tempat ramai, ingatkan anak untuk tidak memisahkan diri dari orangtua atau keluarga terdekatnya, jika di sekolah agar ajari anak menunggu jemputan di dalam area sekolah sebelum orang tua datang menjemput, dan jika kondisi terpaksa, ajari anak berteriak memanggil orang lain atau menangis bertujuan menarik perhatian orang sekitar untuk membantu

Ia menegaskan, hingga saat ini tetap aman dan tidak ditemukan adanya laporan kasus penculikan dalam wilayah hukum Polres Bone.

“Masyarakat tidak perlu resah yang berlebihan. Hal itu justru akan menimbulkan keresahan dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, mari jaga keluarga kita,” pintanya.

Namun, Rayendra juga meminta kepada masyarakat agar tidak langsung mempercayai sebuah informasi yang diterima. Akan tetapi, perlu juga ditelusuri kebenarannya.

“Paling tidak di kroscek dulu jangan langsung diterima mentah-mentah. Apabila ragu, segera melaporkan ke Bhabinkamtibmas, Polsek atau Polres,” tandasnya.

Emank

Artikel ini telah dibaca 322 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Press Release Perdana Tahun 2023, Polres Bone Ungkap Kasus Narkoba 2 Kg.

31 Januari 2023 - 13:18 WITA

Kasus Penganiayaan Mahasiswa, Dua Pemuda Diamankan Polres Bone

30 Januari 2023 - 16:47 WITA

Jum’at Curhat, Polres Bone Dengar Pertanyaan Masyarakat

27 Januari 2023 - 10:45 WITA

Kapolres Bone Pimpin Sertijab Wakapolres

26 Januari 2023 - 11:09 WITA

Aipda Suhati berharap warga dapat menjaga kerukunan

25 Januari 2023 - 21:22 WITA

Jum’at Curhat” Kabag Ops Polres Bone Mendengarkan Keluhan Masyarakat memohon pupuk dan jalan dimudahkan dan diperbaiki

20 Januari 2023 - 13:38 WITA

Trending di Polres