Menu

Mode Gelap
Kembali Tim Patroli Presisi Sat Samapta Polres Bone Tangkap Pengendara Memakai knalpot brong yang membawa Sabu-sabu, Mari bersama kita berantas narkoba Bhayangkara Run 2024 Polres Bone, Ribuan Runners Membanjiri Kota Watampone dalam Semangat Sportifitas Penyerahan 26 Android untuk Operator Medsos Polsek Jajaran Polres Bone Wakapolres Bone Sambut Tim Puslitbang Polri Dalam Rangka Penelitian Peran Polri dalam Menanggulangi Intoleransi dan Radikalisme Laskar Anti Korupsi dan Pejuang 45 serta Masyarakat Bone Mendukung Deklarasi damai Pemilu 2023 dan demokratis Bersama Polres Bone

Headline · 18 Jan 2023 12:54 WITA ·

Begini Tanggapan Polres Bone terhadap Isu Penculikan Anak santer di media sosial


 Begini Tanggapan Polres Bone terhadap Isu Penculikan Anak santer di media sosial Perbesar

Belakangan ini masyarakat Bone di resahkan Terkait isu penculikan terhadap anak di Bone yang santer beredar di media sosial, Kasubsi PIDM Sihumas Polres Bone Iptu Rayendra menegaskan, masyarakat jangan mudah percaya sebelum memastikan kebenaran informasi yang diterima.

Dia Juga mengatakan, lajunya penyebaran informasi rupanya tak selalu benar adanya, bahkan tak sedikit justru menjurus ke berita hoax,

“Jangan dengan mudah percaya dengan isu yang berkembang sebelum temukan fakta, seperti isu penculikan,” ujarnya Rabu (18/1/2023).

Untuk itu, masyarakat terutama para pengguna media sosial tidak menelan langsung informasi yang didapat, terlebih bila belum jelas kebenarannya.

Beberapa hari ini, masyarakat diresahkan dengan adanya beberapa isu adanya kasus penculikan terhadap anak. Padahal, informasi tersebut belum jelas kebenarannya hingga menyebar luas di masyarakat.

Apalagi, sebelumnya masyarakat Bone juga sempat dihebohkan dengan adanya isu anak yang hendak di gendong dan ingin dimasukkan ke dalam mobil yang sementara ini kami masih mendalaminya .

Kendati begitu, kata Rayendra, langkah antisipasi oleh semua pihak sangat diperlukan terutama dalam menjaga anak-anaknya. Dengan membekali anak

Mengajarkan dan mengingatkan anak untuk tidak mudah terpengaruh dengan orang yang tidak dikenal, Mengajarkan anak menolak ajakan orang tak dikenal, Melindungi dan mengawasi anak ketika bermain di luar rumah, Jauhkan anak dari penggunaan barang-barang mewah yang mencolok,

Jika berada di tempat ramai, ingatkan anak untuk tidak memisahkan diri dari orangtua atau keluarga terdekatnya, jika di sekolah agar ajari anak menunggu jemputan di dalam area sekolah sebelum orang tua datang menjemput, dan jika kondisi terpaksa, ajari anak berteriak memanggil orang lain atau menangis bertujuan menarik perhatian orang sekitar untuk membantu

Ia menegaskan, hingga saat ini tetap aman dan tidak ditemukan adanya laporan kasus penculikan dalam wilayah hukum Polres Bone.

“Masyarakat tidak perlu resah yang berlebihan. Hal itu justru akan menimbulkan keresahan dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, mari jaga keluarga kita,” pintanya.

Namun, Rayendra juga meminta kepada masyarakat agar tidak langsung mempercayai sebuah informasi yang diterima. Akan tetapi, perlu juga ditelusuri kebenarannya.

“Paling tidak di kroscek dulu jangan langsung diterima mentah-mentah. Apabila ragu, segera melaporkan ke Bhabinkamtibmas, Polsek atau Polres,” tandasnya.

Emank

Artikel ini telah dibaca 412 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ops Ketupat, Satlantas Polres Bone Kunjungi Posko Angkutan Lebaran

15 April 2024 - 14:20 WITA

Polsek Awangpone Polres Bone Antisipasi Kemacetan Amankan Jalur Pemudik

15 April 2024 - 07:12 WITA

Di Pimpin Kapolsek Libureng, Pelaku Penganiayaan di Amankan

14 April 2024 - 16:50 WITA

Dilarang, Satlantas Polres Bone Tindak Truk Muat Orang

14 April 2024 - 16:47 WITA

Polsek Awangpone Polres Bone Jaga Keamanan dan Ketertiban Paska Bulan Ramadhan 2024  

14 April 2024 - 07:07 WITA

Polsek Awangpone  Polres Bone Selesaian Konflik Didusun 5 Bekku Desa Pacing

14 April 2024 - 07:01 WITA

Trending di Headline