Intensitas Hujan Tinggi Melanda Wilayah Kabupaten Bone, Satpolairud Polres Bone Himbau Nelayan Tetap Waspada

Polresbonetribratanews.com, Bone-Lonrae. Sehubungan dengan tingginya intensitas hujan selama dua hari berturut-turut yang melandan Kabupaten Bone dan sekitarnya, personil Satpolairud Polres Bone gencarkan kegiatan pembinaan masyarakat (Binmas) perairan, Selasa (07/12/2021) siang.

Kegiatan itu dipimpin oleh Kasubnit Patwal Air Satpolairud Polres Bone Aiptu Aris Muris bersama dengan anggotanya Aiptu Muh. Romy Achmad dan Bripka Abbas Susanto bertempat diwilayah pesisir pengkalan pendaratan ikan (PPI) Lonrae Kelurahan Lonrae Kecamatan Tanate Riattang Timur Kabupaten Bone.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan mengingat tingginya curah hujan melanda wilayah Kabupaten Bone sehingga dapat dijadikan kewaspadaan bagi para nelayan agar tidak melaksanakan aktivitas apabila cuaca tidak memungkinkan untuk melaut.

Dalam kegiatannya, Kasubnit Patwal Air Satpolairud Polres Bone menyampaikan himbauan keamanan dan keteriban masyarakat (kamtibmas) perairan kepada nelayan untuk tetap waspada pada saat melakukan aktivitasnya dilaut.

“Himbauan ini kami lakukan untuk meningkatkan kewaspadaan dan keselamatan agar para nelayan melakukan persiapan dan mampu menjaga diri saat beraktivitas dilaut,” kata Aris.

“Selain keselamatan kerja, lanjut Aris, para nelayan juga diingatkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas maupun ketika sedang berada ditempat umum,” tambahnya.

Sementara, Kasat Polairud Polres Bone Akp A. Sukri Sulaiman mengatakan, dengan tingginya curah hujan selama dua hari berturut-turut maka pihaknya akan terus memberikan himbauan kepada para nelayan sehingga lebih memperhatikan keselamatan saat melakukan aktivitas.

Dirinya juga berharap agar para nelayan tetap memantau prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) guna memastikan waktu yang tepat untuk melaut.

“Dengan meningkatkan kewaspadaan dini, kita harap tidak ada kecelakaan di laut mengingat kondisi cuaca saat ini kurang bersahabat dan rawan akan terjadinya kecelakaan laut. Olehnya itu, sebelum turun melaut agar memantau prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG,” harap A. Sukri.

Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat melaut, para nelayan diminta untuk sesegera mungkin berkoordinasi dengan pihak Satpolairud Polres Bone ataupun Pos SAR terdekat. Tutup Kasat.

Akbar38

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.